Menu Close

Huawei – Brand yang Mengusung Inovasi Tiada Henti

Pernah mendengar nama Huawei? Bagi sebagian orang nama ini mencuat ketika perseteruannya dengan pemerintah Amerika Serikat terkait perang dagang. Mungkin bagi anda yang berada di era 2000-an, brand ini lebih dikenal dengan salah satu produknya yaitu modem yang booming penggunaannya sebagai alat untuk berselancar di dunia maya.

Beberapa tahun belakangan ini Huawei lebih serius membesarkan namanya dengan mengeluarkan beberapa seri terbaru dari smartphone buatan mereka. Hasilnya adalah mereka berhasil menduduki peringkat ke-3 sebagai produsen smartphone di dunia dibawah Samsung dan Apple yang bergantian menduduki puncak tangga.

Di Indonesia nama Huawei belum sepopuler brand smartphone asal China yang lain seperti Oppo, Vivo, Xiaomi dan lainnya. Tidak heran jika hal ini berimbas pada segmentasi pasar yang belum cukup untuk meyakinkan bahwa Huawei adalah vendor yang tepat untuk konsumen di Indonesia. Namun, satu hal fakta yang menarik adalah 3 provider telekomunikasi Indonesia yakni Telkomsel, XL dan Indosat ternyata telah lama memasok jaringan yang berasal dari brand ini.

Dari sisi pengguna, brand yang berartikan “pencapaian yang membanggakan/bergelora” ini belum mampu menggaet perhatian karena belum sekuat brand yang lain dalam menggelontorkan dana untuk berkampanye merebut pangsa pasar. Beda halnya dengan pasar luar, Huawei menjadi brand yang layak diperhitungkan. Bahkan di film “Batman VS Superman: Dawn of Justice” beberapa adegan memperlihatkan aktornya menggunakan smartphone buatan Huawei untuk berkomunikasi.

Penetrasi pasar di Indonesia masih belum digarap dengan serius oleh Huawei. Masih banyak yang tidak tahu mengenai keunggulan brand ini dibandingkan brand-brand yang lain. Hal itu tidak lepas dari Huawei sendiri yang terkesan hanya sebagai provider chip atau pemasok kebutuhan alat komunikasi yang lain selain smartphone. Padahal bila ditinjau, pasar smartphone di Indonesia masih terbuka lebar. Saat ini saja ada hampir 65% penduduk yang menggunakan Internet secara mobile atau sekitar 140 juta penduduk dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 265 juta jiwa.

Berikut 4 keunggulan brand Huawei:

  1. Harga yang kompetitif

Harga yang ditawarkan oleh brand ini sesuai dengan konsep yang mereka usung yaitu menyasar kaum menengah. Seri unggulan mereka yaitu Mate dan P adalah dua seri unggulan yang mempunyai fitur mumpuni dan berkelas. Kisaran harga masih terjangkau bagi siapa saja yang menginginkan smartphone dengan fasilitas mewah dan dapat diandalkan.

  • Kamera yang canggih dan jernih

Bagi yang menggunakan smartphone untuk berselfie ria dan menangkap bidikan objek dimanapun, kamera Huawei sudah sangat canggih untuk diandalkan. Hal ini karena kameranya dipasok dari Leica, salah satu produsen kamera teratas di dunia.

  • Desain yang tipis dan tahan banting

Siapa sih yang suka dengan smartphone yang berat dan tidak nyaman ketika digenggam? Nah bagi anda yang suka smartphone dengan desain yang tipis maka Huawei adalah jawabannya. Seri yang mereka keluarkan bahkan mempunyai ketebalan hanya 7mm saja. Selain itu material pembentuk casingnya terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan banting bila terjadi benturan.

  • Brand yang diam-diam mengembangkan teknologinya

Huawei lebih fokus mengembangkan tim riset mereka dibandingkan perang harga dan positioning pasar dengan para pesaing. Memperbarui teknologi dan menyempurnakannya adalah fokus yang mereka kerjakan. Huawei sepertinya akan menggiring opini konsumen bahwa mereka adalah brand premium layaknya brand mobil seperti Lamborghini dan Ferrari yang tidak terlalu mementingkan iklan. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki produk yang mereka tawarkan.

Mari kita lihat saja apakah brand ini kedepannya mampu menjadi produsen nomor satu di dunia. Mengalahkan hegemoni Samsung dan Apple yang bersaing ketat setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *